Rumah Sederhana Ramah Difabel Dibangun di Gresik dan Kediri

1739007difabel780x390

SURABAYA, KOMPAS.com
– Perusahaan pengembang swasta membangun kompleks rumah hunian sederhana yang ramah untuk kaum difabel di Kabupaten Gresik dan Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Untuk merealisasikan rumah untuk difabel ini, pengembang bekerja sama dengan arsitek penyandang disabilitas Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Rumah sederhana tipe 36 ini dibangun dengan konstruksi yang memungkinkan kaum difabel bisa mandiri tanpa bantuan orang lain.

Misalnya, dapur yang tingginya bisa disesuaikan dengan pengguna kursi roda, pintu geser berukuran melebihi panjang kursi roda, toilet duduk, hingga akses jalan khusus atau ram bagi pengguna kursi roda.

Direktur PT Kokoh Anugerah Nusantara, Kan Eddy, mengatakan, hunian tersebut dibangun di atas lahan seluas 50 hektar di Kecamatan Kedamean, Gresik.

Sementara di Kediri, dengan luas lahan yang sama akan dibangun di kawasan jalan penghubung KM 10, Kediri-Nganjuk.

“Tidak hanya ramah bagi kaum difabel, tetapi juga ramah untuk penghuni lanjut usia dan anak-anak,” terangnya, Selasa (15/11/2016).

Arina Hayati, penyandang disabilitas, yang juga dosen arsitektur ITS Surabaya mengatakan, sebenarnya penyandang disabilitas bukanlah kelompok pasif yang selalu mengandalkan bantuan orang lain.

“Mereka sebenarnya aktif, mereka bisa melakukan aktivitas sendiri tanpa harus mendapatkan bantuan orang lain, hanya saja memang perlu diberi fasilitas khusus agar mereka bisa aktif,” ujarnya.

Menurut dia, sebagian besar pengembang rumah sederhana mengabaikan fasilitas khusus bagi kaum difabel. Banyak komposisi rumah yang dibangun pengembang tidak memperhatikan keperluan kaum difabel seperti pintu, dapur, dan kamar mandi, sehingga terkesan eksklusif.

Dia berharap, semua perusahaan pengembang bisa membangun rumah sederhana yang ramah untuk kaum difabel.

“Ini perlu perubahan mindset agar produk para pengembang menjadi inklusif,” ucapnya.

Penulis : Kontributor Surabaya, Achmad Faizal
Editor : Farid Assifa
Sumber : http://regional.kompas.com/read/2016/11/15/18060681/rumah.sederhana.ramah.difabel.dibangun.di.gresik.dan.kediri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s