Profil PT KAN

Profil Perusahaan KAN

(PT. Kokoh Anugrah Nusantara)

Sejarah Perusahaan

Tahun 2006 merupakan tahun bersejarah sebagai cikal bakal PT KAN. Sebab pada tahun itulah komitmen, ide dasar dan cita cita untuk masa depan dimulai. PT KAN lahir dari ide Bapak Eddy Kan, dimana diawali dari keprihatinan beliau terhadap perkembangan masyarakat berpenghasilan rendah di Indonesia yang tidak dapat memiliki rumah murah yang berkualitas dan terjangkau sebagai salah satu standar kebutuhan hidup layak.

Semula bapak Eddy Kan membuat mesin gravitation separator untuk memisahkan emas dari campuran pasir dan tanah dengan bahan mesin dari besi. Akan tetapi bahan tersebut tidaklah tahan lama, karena besi yang dibuat untuk mesin tersebut, lama lama terkikis dan tipis. Akibatnya harus membuat mesin yang baru lagi.

Rasa penasaran dan keingintahuan yang besar terhadap pengganti material besi yang lebih baik, mengarahkan beliau untuk menggunakan bahan plastik fiber dengan modifikasi tertentu, sebagai pengganti mesin tersebut. Akhirnya ditemukanlah formula bahan yang dapat menggantikan besi sebagai bahan utama mesin gravitation separator tersebut. Bahan tersebut diberinama ‘reengineering plastic’. Mesin tersebutnya akhirnya lebih ringan juga lebih tahan lama dikarenakan anti gores mempunyai  tingkat kekerasan sampai 8 MOHS SCALE.  Dan sebagai ilustrasi, material paling keras adalah intan yang mempunyai skala 10 MOHS SCALE,  dan 9 MOHS SCALE adalah Corundum.  Sehingga material Reenginering Plastic ini menjadi material yang sangat tahan terhadap gesekan .

Ide penggunaan material ‘reengineering plastic’ tersebut tidak berhenti di sini. jika material reengineering plastic ini jika digunakan untuk cetakan pasti akan menghasilkan sesuatu produk yang lebih murah karena cetakan tersebut pasti bisa digunakan untuk berulang, puluhan kali bahkan ratusan kali. Dengan dasar itu, dicetuskanlah ide untuk mencoba pada bangunan, bangunan yang dicetak ditempat (site cast building). Seperti diketahui bahwa bangunan membutuhkan cetakan atau begisting/formwork untuk beberapa bagian, seperti struktur, pasangan dinding beton, lantai beton dan kolom. jika bangunan dapat dicetak dengan cetakan dari bahan reengineering plastic tersebut, tentunya akan lebih mudah pengerjaannya, lebih cepat, dan akan menghasilkan sesuatu yang lebih murah. Maka diujicobakan ide ini pada rumah wallet. Uji coba pertama untuk bangunan 2 lantai, dan menghasilkan proses yang jauh lebih cepat dan biaya yang lebih murah. Akan tetapi pada uji coba pertama ini, kendala terjadi pada asesoris formwork yang dirasa masih terlalu konvensional yang bisa memperlama proses pemasangan dan pelepasannya.

Ide selanjutnya adalah untuk membangun bangunan 4 lantai  dengan menggunakan cetakan tersebut. Seperti uji coba pertama, uji coba ini digunakan untuk pembangunan rumah wallet akan tetapi beberapa modifikasi pada formwork dilakukan. Semisal baut pengikatnya diganti dengan pin baja sehingga mudah untuk memasang dan melepaskannya. Akhirnya uji coba tersebut berhasil, membangun rumah wallet 4 tingkat dalam waktu 2 bulan 30 hari. sebuah prestasi yang luar biasa untuk waktu pekerjaan dalam pembangunan gedung.

Dilandasi keprihatinan terhadap masyarakat yang berpenghasilan rendah yang sebagian besar mengalami kendala dalam kepemilikan rumah yang layak dan sehat, beliau berkomitmen bahwa ide tersebut dapat dikembangkan dan dipergunakan untuk membangun perumahan yang murah, perumahan yang terjangkau masyarakat dan sekaligus berkualitas.

PT KAN didirikan dengan akte notaris H. Sunarto, SH.MH. No 57  tanggal 15 Agustus Tahun 2012 dan disyahkan Kemenhukham RI No… tahun…. Sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk pembangunan rumah yang terjangkau berkualtas bagi masyarakat berpenghasilan rendah di seluruh Indonesia.

Visi

Mewujudkan rumah sehat yang terjangkau dan berkualitas untuk masyarakat Indonesia.

Misi

  1. Meraih kepercayaan masyarakat dan menjadi perusahaan perumahan sehat, berkualitas dan terjangkau yang terkemuka di Indonesia.
  2. Menjamin keuntungan dan kelangsungan pertumbuhan jangka panjang dengan modal yang efisien bagi perusahaan melalui pelayanan yang mampu meningkatkan kualitas kehidupan konsumen
  3. Menjadi pemimpin pasar dalam pengadaan perumahan sehat bagia masyarakat.

10 thoughts on “Profil PT KAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s