ADAKAH RUMAH TERJANGKAU YANG BERKUALITAS? (Bagian 5 Habis)

Kondisi Obyektif Komposisi Beton]

Elemen dinding menjadi salah satu perhatian penting dalam banyak metode agar dapat lebih efisien baik pemasangan, perawatan maupun kegiatan pengakhiran (finishing). Fokus perhatian terhadap dinding tersebut menghasilkan beberapa metode pekerjaan dinding yang tidak dipasang satu persatu seperti dinding bata atau batako, tetapi dengan cara memasang elemen atau panel dengan ukuran yang luas pada elemen dinding bangunan. Panel panel itulah yang diharapkan mempunyai kelebihan dalam proses pengerjaannya akan lebih cepat, efisiensi tenaga kerja dan dari sisi materialnya juga lebih murah. Dan salah satu metode yang dikenalkan untuk membuat panel dinding adalah dengan metode pembanguan rumah site cast / cetak ditempat.

Asumsinya adalah, bahwa karena dinding mejadi  sebagai komponen yang memiliki prosentasi cukup besar dalam item pekerjaan rumah, harus dapat ditekan biayanya untuk mengurangi biaya bangunan secara keseluruhan. Hal itu dapat diwujudkan ketika dinding tersebut berupa panel yang sudah dicetak dengan luasan tertentu dan memasangnya di lokasi, atau dengan mencetak panel dinding tersebut dilokasi pembangunan.

Salah satu materi panel tersebut adalah beton dengan berbagai macam jenisnya, dari beton ringan, beton atau juga mortar. Dan seperti ditunjukkan pada grafik di atas, bahwa pada kondisi umum, pekerjaan beton dengan jenis apapun, sebagian besar pekerjaan terdapat pada formwork baik material formwork atau tenaga untuk pemasangannya. Besaran tenaga dan material formwork dalam pembuatan beton bisa mencapai 50 % s.d 60%. Dengan dasar itulah ditemukan beberapa metode untuk mengurangi formwork agar bisa menekan biaya produksi beton baik pracetak maupun cetak ditempat dengan menggunakan material formwork yang bisa diaplikasikan secara berulang ulang, bahkan sampai ratusan kali sehingga dari sisi penggunaan material tidak akan pernah terbuang dan akhirnya biaya material formwork per bangunan akan relatif murah. Bandingkan dengan material formwork dari kayu, dengan perancah juga dari kayu. Biaya formwork dengan memakai material tersebut akan menjadi mahal dan pada akhir proyek, material material formwok sebagian besar tidak dapat digunakan kembali dan harus dibuang.

Dengan pemilihan material yang tepat, ukuran yang sudah direncanakan dengan baik, serta komposisi material beton yang telah dimodifikasi baik dengan admixture atau aditif lainnya, maka berdampak beban biaya formwork per unit satuan beton akan bisa ditekan dan lebih murah. Perbandingan di atas bisa berubah menjadi :

Efisiensi pemilihan formwork yang tepat

Formwork menjadi kunci utama dalam menekan biaya produksi dinding panel yang tebuat dari beton atau material lainnya yang harus dituangkan dalam sebuah cetakan. Beberapa material dan metode sudah banyak dikembangkan untuk mendesain agar formwork dapat berperan lebih besar dalam banyak produksi bangunan. Material formworkpun yang sudah diaplikasikan sudah beragam dari besi/plat, plastic, aluminium, grc maupun panel insulasi yang dijadika formwork.

Karena daya tahan umur pakai dari bahan formwork yang digunakan tersebut, maka pembangunan dapat dilakukan secara massal dengan menggunakan materia formwork yang sama. Secara matematis jika desain formwork memerlukan biaya 100 juta untuk 1 rumah akan tetapi formwork tersebut mempunyai umur pakai sampai 300 penggunaan, artinya biaya cetakan dalam satu rumah hanya memerlukan tidak lebih 330.000. / unit rumah. Hal ini tentunya tidak akan dapat tercapai dengan metode pembangunan dengan cara konvensional. Harga dinding per m2 pun akan lebih murah daripada dinding yang disusun dari material berupa blok blok. Sebagai ilustrasi, bahwa dinding bata / batako biaya per m2 dari pemasangan sampai plesteran, aci bisa mencapai 120 ribu/m2. Sedangkan biaya dengan beton 80 ribu/m2+ biaya formwork per unit rumah/luasan dinding.

Jika 1 unit rumah 330.000 dan luasan dinding tipe 36 lebh kurang ada 90 m2, artinya biaya formwork per meter hanya sekitar 4000 saja…. Belum lagi efisiensi dari lubang untuk pintu dan jendela yang dihasilkan cetakan sudah siap untuk ditempatkan daun pintu/jendela, dan tenaga untuk proses selanjutnya juga akan lebih efisien. Salah satu kunci dari keberhasilan formwork adalah desain ukuran dan material pembentuknya. Sikokoh hadir dengan material relatif baru dalam metode formwork. Sikokoh nantinya akan membantu membangunkan rumah murah buat masyarakat berpenghasilan rendah.. semoga…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s